Kamis, 26 Juni 2008

Strategi peningkatan penjualan di pameran


Paling tidak di Jakarta ada tiga perhelatan pameran besar yang biasanya dikuti dan menjadi hajatan bersama para penerbit, yaitu Islamic Book Fair, Pesta Buku Jakarta dan Indonesia Book Fair. Lima tahun terakhir, jumlah pameran meningkat drastis, terutama di daerah, bahkan di Yogya dalam satu tahun mungkin bisa sampai 15 kali pameran buku, ini berarti setiap bulan ada pameran buku.

Tujuan utama pameran sesungguhnya adalah memperkuat positioning perusahaan di pasar dan di industri yang sejenis (Brand activation), makanya pameran menjadi tonggak evaluasi produk-produk yang ingin diluncurkan kepasar, sekaligus menakar respon pasar terhadap produk yang telah diluncurkan.

Namun tidak bisa dipungkiri, salah satu dari tujuan antara pameran buku adalah meningkatkan penjualan pada saat pameran, hal ini disebabkan belum berkembang pesatnya transaksi copy right dalam industri perbukuan Indonesia, diringi dengan biaya stand yang semakin tinggi dan biaya operasional yang juga semakin tinggi mengakibatkan para pekerja buku berharap banyak pada penjualan saat pameran.

Ada tiga Faktor yang berpengaruh terhadap penjualan di stand pameran:

1. Traffic / jumlah pengunjung

Jumlah pengunjung sangat mempengaruhi penjualan di pameran, semakin banyak jumlah pengunjung semakin tinggi kemungkinan terjadinya peningkatan penjualan di pameran. Dalam konteks ini, maka posisi stand yang strategis yaitu posisi stand yang paling dekat dengan arus utama lalu lintas pengunjung menjadi sangat strategis dalam meningkatkan penjualan di stand pameran. Logika inilah yang membuat para penerbit berlomba-lomba mendapatkan lokasi terbaik pada setiap pemeran yang akan diikuti.

2. Average Check. yaitu total pembelian per transaksi.

Faktor kedua yang berpengaruh terhadap peningkatan penjualan pameran adalah total pembelian per transaksi. Idealnya setiap penerbit melakukan evaluasi setiap kali pameran selesai dilaksanakan. Carilah angka rata-rata setiap pembelian pada setiap konsumen per kali transaksi di stand anda. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan cara mengetahui jumlah total transaksi per hari, dan jumlah pembeli yang melakukan transaksi pada hari tersebut, tinggal dibagi, antara total penjualan dibagi jumlah orang yang bertransaksi. Maka didapatlah average check.
Setelah angka ini diketahui, maka setiap penerbit membuat perencanaan untuk meningkatkan jumlah transaksi per tiap transaksi yang dilakukan. Salah satu contoh yang bisa dilakukan penerbit adalah dengan cara menawarkan paket buku dengan tema tertentu kepada konsumen. Atau juga bisa dalam bentuk mendongrak rata-rata penjualan per transaksi dengan memberikan stimulus bonus jika transaksinya per orang konsumen mencapai angka tertentu. Misalnya : jika konsumen membeli netto sebesar Rp. 250.000,- maka mendapatkan bonus 1 buah mug cantik dari penerbit, dan banyak lagi program lain yang bisa anda lakukan.

3. % Closing Ratio adalah rasio antara jumlah pengunjung yang melakukan transaksi dengan jumlah total traffic pengunjung yang datang ke stand.

Dengan demikian pengunjung yang banyak saja belum tentu langsung berdampak pada peningkatan penjualan, jika jumlah pengunjung yang melakukan transaksi tidak meningkat. Maka para penerbit diharapkan membuat program-program yang langsung mengstimulan pengunjung untuk bertransaksi selama pameran/pada saat itu juga. Misalnya dengan membuat program jika anda melakukan transaksi selama pameran, maka anda mendapatkan discount ...%, bonus ..., dan seterusya. Dan tidak akan ditemui para konsumen setelah pameran.

Inilah beberapa faktor penting yang seharusnya mendapat perhatian serius, para penerbit buku jika menginginkan terjadinya peningkatan penjualan selama pameran. Namun strategi ini akan bisa berjalan dengan efektif, jika dari awal penerbit juga menjaga kualitas produk, baik kualitas isi, packaging dan kualitas pelayanan kepada konsumen.

Semoga bermamfaat.

Jaharuddin
Praktisi marketing buku Islam

1 komentar:

ibu wulan mengatakan...

AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D
asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2
trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui
nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin
allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt,
sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami
mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW,
cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun
jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang
sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI,
malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya
dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali
lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal l
upa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin
pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet
tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh
temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke
ahliannya di teman2 facebook dengan jaminan tdk bakal kecewa,
jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami
telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya
KI PALAH kmi kenal lewat teman facebook sdh terbukti membantu
ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,
demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI,
sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang
dengan membawa hasil.
Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah
dlm 3x putaran.Hubungi 0823 8831 6351 atau kunjungi situs beliau dengan cara klik
>>>>KLIK DI SINI<<<<