Minggu, 08 Juni 2008

Menerapkan Speedy Gonzales Strategy di penerbitan buku

Inti dari speedy Gonzales strategy adalah kecepatan pelayanan dari perusahaan akan menyebabkan apakah perusahaan tersebut mampu bertahan di tenggah persaingan atau tidak. Semakin cepat pelayanan suatu perusahaan maka semakin tinggi peluang perusahaan tersebut mampu bertahan di tengah persaingan.

Beberapa lini kritis yang perlu dievaluasi dalam dunia penerbitan adalah:

Kemudahan konsumen menghubungi penerbit.
1. Jika masih ada keluhan susah masuk telepon ke penerbit saudara, maka perlu diperbanyak saluran yang anda gunakan, ditambahkan melalui Layanan SMS, email, dll.
2. Kecepatan fronline mengangkat telepon
Standar yang lazim dipakai adalah, fronline telah mengangkat telepon yang berdering, sebelum dering yang ke empat.
3. Kecepatan dalam menangani pesanan, keluhan, dll dari konsumen
Perlu di buat kesepakatan bersama di internal perusahaan anda, semua orang yang ada adalah tim marketing, mulai dari direktur sampai office boy, inti dari marketing adalah siap melayani dengan standar yang baku, sehingga jika ada pesanan, keluhan, siapa saja mampu menanganinya dengan standar yang telah dibakukan. Dan konsumen merasa puas dengan pelayanan kita.
4. Kecepatan mengatakan status stock
Sangat menjengkelkan jika ada penerbit ketika bukunya di pesan, maka stocknya kosong, namun realitasnya susah menyiapkan semua buku yang ada di katalog ready semua, paling tidak yang bisa dilakukan adalah : cepat memberikan jawaban apakah stocknya ada atau tidak, jangan mempromosikan (mencantumkan buku yang kosong di katalog) karena ini membuat konsumen kecewa.
5. Kecepatan dalam mempersiapkan pesanan
Dibuatkan standar mempersiapkan pesanan, misalnya paling lambat 1 hari, pesanan sudah terkirim.
6. Kemudahan dalam sistim pembayaran
Untuk mempermudah sistim pembayaran, maka penerbit membuka beberapa rekening di beberapa bank, kemudian usahakan rekening tersebut bisa di akses dengan internet banking dan mobile, sehingga jika ada uang masuk maka saat itu juga bisa di cek status terkirim atau tidak.
7. Kecepatan dan ketepatan dalam mengirimkan barang
Saya mengalami beberapa kali konsumen sangat jengkel dengan kelambatan dalam proses pengiriman barang dan ternyata barang yang dikirim juga salah, maka pastikan buku dikirim paling lambat 1hari, kemudian pastikan pula buku yang dipesan dan dikirim sama. Dan kirimlah buku dengan kualitasnya standar.

Hal-hal lain yang juga perlu di evaluasi adalah:
1. Kecepatan dalam memutuskan apakah naskah yang ditawarkan penulis diterbitkan atau tidak
2. Kecepatan dalam memproduksi buku, mulai dari penterjemahan (jika buku terjemahan), editing, setting, dan proses produksi)
semoga anda selalau ingat bahwa si lambat akan dimakan oleh si cepat.
Seoga bermamfaat.
jaharuddin
praktisi pemasaran buku

Tidak ada komentar: