Senin, 15 September 2008

Ramadan, penjualan buku Islami naik 30%

Solo (Espos)--Pada sepekan awal memasuki Ramadan tahun 2008, penjualan buku bernafaskan Islami di kompleks kios buku belakang Stadion Sriwedari Solo meningkat hingga 30% di banding hari biasa. Kebanyakan buku-buku yang diburu masyarakat berisi muatan materi-materi seputar Ramadan.

Salah satu penjaga kios buku Aziz Agency, Taqwin, mengatakan sejak hari pertama puasa, masyarakat mulai memadati kios-kios buku di belakang Stadion Sriwedari. Sedang jumlah konsumen yang datang ke kiosnya saat ini rata-rata mencapai 30 orang.

"Buku-buku yang banyak dibeli seputar amalan-amalan Ramadan. Juga ramai juga Alquran dan tafsirnya," jelasnya kepada Espos, Selasa (9/9) di kiosnya.

Penjaga kios buku lain, Jumanto, menyampaikan agar pembeli meningkat, pihaknya memberikan diskon buku mencapai hingga 40%. Jumlah buku yang dibeli konsumen beragam dari satu eksemplar buku hingga berjilid-jilid buku, terutama konsumen dari kalangan sesama penjual buku. Diprediksi, peningkatan penjualan tetap mengalami peningkatan sampai hari H Lebaran serta sepekan setelah Lebaran.

"Selain buku Islami, peningkatan penjualan juga terjadi pada produk madu. Di banding hari-hari biasa, penjualan madu saat bulan puasa ini bisa hingga 2 kg per hari atau berkwintal-kwintal bagi konsumen besar," ujarnya.

Senada, penjual buku di Kios Buku Putera Indonesia, Farel, menyampaikan selama sepekan Ramadan ini, omset yang diraih rata-rata Rp 200.000/hari atau meningkat sekitar 15% dari hari biasa.
http://www.solopos.com/berita.php?ct=12644&d1=ekonomi%20bisnis

Tidak ada komentar: