Rabu, 03 September 2008

Balik Papan dan Samarinda Book Fair 2008


Pameran ini berlangsung di dua kota di wilayah Kalimantan Timur dengan penyelenggara ADIL ORGANIZER, yaitu di Balikpapan dan Samarinda. Di Balikpapan berlangsung dari tanggal 12 – 21 Agustus 2008 bertempat di Gedung Nasional Jl. Jend. Sudirman. Sedangkan pameran di kota Samarinda bertempat di Gedung Auditorium Universitas 17 Agustus 45 Jl. Juanda dari tanggal 25 – 31 Agustus 2008.

Pameran di hari ke 1- 4 berlangsung sepi pengunjung, penjualan tidak sesuai dengan harapan. Baru pada hari ke 5 sampai penutupan mulai terjadi kenaikan penjualan. Padahal daya beli masyarakat di daerah ini sangat tinggi dan mayoritas penduduknya muslim. Masyarakat Kaltim juga relatif memiliki minat baca yang cukup tinggi terhadap buku-buku keIslaman.

Seandainya kegiatan promosi dapat dilakukan jauh hari sebelum pelaksanaan diyakini pameran ini akan mampu mendatangkan pengunjung yang lebih banyak , diharapkan panitia lebih memperhatikan sikap profesionalisme yang tinggi dalam merencanakan dan mengelola pameran, sehingga target pengunjung dan panjualan bisa tercapai.

Ke depan jika diadakan kembali pameran di daerah ini, maka perlu diperhatikan siapa penyelenggaranya, dimana tempatnya, waktu penyelenggaraan, dan kegiatan promosinya. Penyelenggara haruslah profesional, penyelenggara haruslah mengetahui secara benar karakter daerah tersebut sehingga kegiatan promosi, pemilihan tempat dan waktu penyelenggaraan tepat sasaran. Salah satu tempat yang bisa dijadikan alternatif dan representatif adalah Islamic Center yang berada tepat di tengah kota Samarinda.
Anhar Muslim, S.Pi (PJ Pameran KalTim 2008)

Tidak ada komentar: