Sabtu, 26 Juli 2008

Pusat Buku Indonesia


Cita-cita para penerbit buku Indonesia untuk membangun PUSAT BUKU INDONESIA nampaknya sudah mulai terwujud. Tempat berkumpul para penerbit dengan pengemar, pelanggan, pebisnis buku, event organizer pameran buku, distributor buku luar negeri, dan prospeknya itu ada di Kelapa Gading Center (KTC) Jalan Boulevard Barat Raya Jakarta Utara (persisnya di depan Makro). Diresmikan oleh Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla pada tanggal 30 Mei 2008, yang juga dihadiri oleh Bapak Gubernur DKI Jakarta – Fauzi Bowo.

Lokasi Pusat Buku Indonesia di Kelapa Gading Centre - strategis dan nyaman

Di area seluas lebih dari 40.000 m2 itu, para penerbit dengan showroom-nya masing-masing dapat men-display buku terbitannya yang akan memudahkan pada pengelola toko buku, distributor, instansi pemerintah, pustakawan, guru dan dosen, penulis, penyelenggara event yang berkaitan dengan industri buku, untuk melakukan hubungan kerja dengan berbagai penerbit sekaligus di tempat yang sama. Sungguh-sungguh menghemat BBM dan waktu.

Bukan hanya penerbit buku, bahkan Ratna Riantiarno dari Teater KOMA itu juga membuka stand untuk mengajak anak-anak bangsa yang ingin terjun ke dunia teater.

Menurut pengelola PUSAT BUKU INDONESIA, sewa stand ini sangat murah. Selain itu, pada tahun mendatang para penerbit yang menyewa stand itu diberi kesempatan untuk membeli stand itu secara kredit.

Lokasi PUSAT BUKU INDONESIA ini sangat nyaman dan sejuk. Tentu saja karena adanya pendingin AC serta ruangan yang sangat besar, gang antar-stand yang lebar, sehingga para penerbit bisa membuat acara promosi di depan stand masing-masing.

Gangguan pemalak dan parkir liar sering membuat jengkel pengunjung pameran buku? Sama sekali tidak ada. Harap tahu saja, lokasi ini berdampingan dengan Kodamar TNI/AL. Tempat jualan makanan ada di lantai 3, rapi, dan tidak semrawut seperti di tempat-tempat pameran buku. Tempat parkir luas sekali, ada di basement gedung itu maupun di luar. Ongkos parkir hanya Rp1.000,- berapa pun lamanya anda menghabiskan waktu untuk melihat-lihat buku.

Dengan tersedianya ruangan yang sangat luas dan nyaman, sebetulnya asosiasi penerbit, asosiasi penulis, atau asosiasi apa saja yang berkaitan dengan industri buku bisa membuat acara-acara penataran dan pelatihan baik untuk anggota asosiasi ataupun pelanggannya di lokasi itu.

Anda punya naskah, foto-foto illustrasi, design, kerjasama sponsoship dengan penerbit buku, gagasan untuk menyelenggarakan pameran buku, atau ide penerbitan suatu buku? Tawarkan saja ke penerbit-penerbit yang ada di sana. Anda tinggal pilih.

Tidak ada komentar: