Minggu, 06 Juli 2008

Peran Wikimu Dalam Pemasaran Berbasis Online

Jakarta,Istora. Satu lagi acara bagus digelar IKAPI DKI di Pesta Buku Jakarta (PBJ) 2008. Setelah Senin(30/6) lalu menghadirkan Mr.Erik Hartmann, pakar Google Books Search Singapora sebagai pembicara yang mengupas tentang bagaimana Cara Pemasaran Buku di Era Baru via internet, maka pada Selasa (1/7) berikutnya, panitia kembali memberikan tambahan ilmu dan pengalaman kepada pengunjungnya dengan seminar Pemasaran Berbasis Online.

Kali ini giliran Kiki R Noviandi, General Manager Intimedia WEB VENTURE yang kebagian sebagai pembicara pertama dengan moderator Sholeh Isra . Kiki bertutur tentang latar belakang dan cikal bakal bagaimana manusia memperkenalkan dan memasarkan produknya dari zaman bauheula hingga era digital seperti dewasa ini. Mulai dari cara lisan hingga generasi internet era intraktif. Bagaimana website evolution, stastistic web content, online transactions, participation, generation dan content melalui media online.

“Kini kita telah sampai pada era informasi dan memasuki era participation”ujar pria berkacamata ini. Menurutnya, di era sekarang, komunitas merupakan salah satu ujung tombak dalam berbisnis lewat online. Dan mereka lah yang selalu mencari dan aktif di media online untuk interaksi dan partisipasi.

Sementara Melani Laksmono, Chief Operating Officer Wikimu yang hadir sebagai pembicara kedua menjelaskan tentang media www.wikimu.com yang diperlukan untuk melakukan interaksi tersebut .

Wikimu merupakan situs informasi komunitas independen dengan konsep partisipasif. Media ini bukanlah situs berita, walaupun berisi aneka ragam informasi. Di media ini siapa saja bisa mendapatkan dan mengirimkan informasi, termasuk menambahkan, melengkapi atau menyanggah informasi yang sudah ada.

“Artinya, dalam situs ini dimungkinkan adanya interaksi pembaca dan penulisnya” ujar Melani. Selain itu, informasinya sangat beragam. Mulai soal kesehatan, olahraga, suara konsumen, layanan publik, peristiwa bisnis, politik, ekonomi, opini dll. Aktifitas offline di wikimu cukup beragam, mulai dari gathering, nonton bareng hingga kuliner.Semua disesuaikan dengan keinginan user-user yang ada.

Kiki menambahkan, “wikimu adalah situs yang menerapkan citizen jurnalism atau jurnalistik publik yang isi didalamnya ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia. Namun pengaksesnya ada juga yang berada di luar negeri seperti Amerika, Hongkong, juga Swedia”.
sumber: www.pestabukujakarta.com

Tidak ada komentar: