Minggu, 18 Mei 2008

Faktor penyebab novel AAC dan Laskar Pelanggi super best seller

Menjadi impian setiap penerbit produk yang dikeluarkan menjadi best seller, apalagi supper best seller seperti AAC dan Laskar Pelanggi. Sebelumnya dalam kategori buku islam kita melihat best sellernya buku La Tahzan, karya Dr. Aidh Al qarni. Namun penerbitnya menganti cover dan menaikkan harga, sekarang buku la tahzan, mungkin sudah mencapai titik jenuhnya, sehingga penjualannya tidak se heboh saat awal-awal la tahzan keluar. Dan sekarang bintangnya adalah AAC dan Laskar Pelanggi.

Mengapa AAC dan Laskar Pelanggi menjadi super best seller

Beberapa faktor yang mungkin bisa menjelaskan faktor penyebabnya adalah:
Novel AAC dan Laskar pelanggi adalah novel inspiratif dan penyemangat
Menurut saya faktor utama dari super best sellernya AAC dan laskar pelanggi adalah berada pada isi novel ini yang benar-benar inspiratif, unik dan mampu memberikan hiburan yang sehat kepada masyarakat luas. Sesungguhnya masyarakat kita menunggu-nunggu karya baik buku maupun film yang berkualitas, tidak picisan, matreliastik dan hendonis. Masyarakat butuh sarana ekspresi yang sehat dan alami dan apa adanya. Karena saat ini masysrakat Indonesia sedang dihadapkan pada kondisi faktor ekonomi, keamanan, dan ketertiban yang jauh dari ideal. Jalan raya macet, menonton TV acaranya tidak sehat, ekonomi semakin berat, dan faktor-faktor lainnya yang memposisikan masyarakat kita sebagian besar sebagai kalangan yang tertekan. Dengan kondisi tersebut akhirnya masyarakat butuh pada hiburan yang sehat dan inspiratif. Kalau kita amati benar kedua novel yang menjadi bahan diskusi ini maka mampu memberikan alternatif hiburan yang sehat, insiratif dan menyenangkan bagi masyarakat
Segment pasar yang dituju sangat luas
Syarat buku menjadi best seller lainnya adalah mempunyai segement pasar yang sangat luas, kalau kita amati AAC dan laskar pelanggi bisa dibaca oleh semua lapisan dari remaja sampai orang tua. Seperti yang kita ketahui banya buku yang mengambil segmentnya pada kalangan tertentu saja, seperti segement anak, segment remaja, segment pembaca dewasa yang mempunyai pemeikiran ahlu sunnah wal jama’ah , dll. Segment yang terbatas akan menyebabkan buku tersebut mempunyai kemungkinan best seller yang juga terbatas. Sebagai contoh yang lebih jelas lagi untuk menjelaskan segment yang luas ini adalah al qur’an , kitab super super best seller sepanjang massa.
Iklan Mouth to mouth yang sangat efektif
Iklan dari mulut ke mulut pembaca merupakan iklan yang sangat efektif sekali, ketika seorang konsumen pembaca buku AAC dan Laskar pelanggi menceritakan kepuasannya ketika membaca novel tersebut kepada temannya maka sadar tidak sadar itu adalah iklan yang sangat efektif sekali dan diduga potensi orang tersebut membeli produk tersebut akan tinggi sekali. Jadi ketika diceritakan teman, maka tidak jarang kita mendengarkan pembaca yang senang tersebut bahkan berani merekomendasikan untuk membeli buku tersebut.
Harga yang tidak terlalu mahal
AAC dan Laskar pelangi mempunyai beberapa varian, sehingga masyarakat juga mempunyai altenatif dalam membeli buku tersebut sesuai dengan tingkat pendapatan masyarakat, ada yang edisi lux harganya di atas 100.000, namun juga ada edisi murah yang harganya kisaran 30.000 – 70.000, jadi masarakat bisa membeli. Strategi membuat beberapa varian ini ternyata juga ampuh dalam memberikan alternatif pada pembaca untuk membeli. Hal yang sama tidak dilakukan pada la tahzan, penerbitnya kurang kreatif tetap saja bersikukuh dengan format yang awal, bahkan me recover yang belum tentu lebih baik dari yang awal dan harganya langsung di naikkan. Seharusnya yang dilakukan penerbitnya adalah membuat edisi lux dengan penampilan yang mewah dan sangat menarik, namun tetap menerbitkan edisi ekonomis yang harganyanya tetap murah.
di endorsement dengan film layar lebar
faktor selanjutnya yang mendorong penjualan novel ini adalah diangkatnya cerita novel tersebut dalam film, akhirnya masyarakat kita yang belum suka membaca bisa menikmati indahnya novel ini. Dan sekali lagi akan berdampak pada semakin banyaknya mulut yang bercerita tentang novel ini, sebagian dari orang yang mendenar cerita indahnya film ini akan mendorong untuk memiliki buku novelnya. Ini yang bisa kita amati dari kisah sukses AAC. Saat ini film laskar pelanggi sedang di garap pembuatannya, dugaan saya penjualan laskar pelanggi akan terdongkrak kembali saat filmnya diluncurkan dan menjadi pembicaraan luas. Semoga bermamfaat.

Jaharuddin
Praktisi marketing buku

Tidak ada komentar: