Kamis, 07 Agustus 2008

Industri Perbukuan Meningkat

BANDUNG, (karir-up) – Gairah industri perbukuan tahun ini meningkat. Terlihat dari animo penerbit yang ingin mengikuti pameran. Bahkan untuk pameran berikutnya, sudah 30 persen yang ikut Pesta Buku Bandung menyatakan keikutsertaan pada pameran Mei mendatang. Demikian disampaikan Erwan Juhara, Penanggung Jawab Bidang Promosi dan Publikasi Pesta Buku Bandung 2008, Sabtu (2/2).

“Selalu ada yang waiting list ketika pameran mendekati waktu pelaksanaan. Ini menandakan minat yang besar, namun harus menunggu kepastian dari yang sudah mendaftar duluan,” jelas Erwan.

Panitia pameran Pesta Buku Bandung 2008 sendiri merasa optimistis bisa meraup Rp 2 miliar. Angka ini bisa tercapai karena pameran serupa tahun lalu berhasil membukukan transaksi sebesar Rp 1,87 miliar.

“Pesta Buku Bandung 2008 digelar IKAPI Jabar dan berlangsung pada 29 Januari hingga 4 Februari 2008 di Gedung Landmark. Transaksi itu kemungkinan bisa tercapai lantaran jumlah pengunjung terus bertambah. Rata-rata pengunjung mencapai 10 ribu orang per hari,”papar Erwan
.
Ditambahkan Erwan, Pesta Buku Bandung 2008 ini ada 80 penerbit yang ikut dan menyewa 130 stand yang disediakan. Banyaknya buku baru menjadikannya optimistis target transaksi Rp 2 miliar bisa tercapai. Selaian itu para penerbit juga bervariasi, tak hanya dari Jabar tapi juga dari DKI, Jateng, Jatim dan Yogyakarta.

“Transaksi tampaknya makin tinggi. Pasalnya semua peserta menawarkan variasi buku dengan berbagai tema menarik. Serta diskon yang besar hingga 70 persen. Beberapa peserta juga menyiapkan hadiah yang diundi untuk setiap pembelian buku,”jelas Erwan

Disinggung mengenai buku yang disukai saat ini, Erwan menyebutkan buku jenis spiritual yang lebih diminati. Buku tersebut diantaranya yang memiliki tema keteladanan dan motivasi baik dalam kemasan keagamaan maupun masalah sosial.

“IKAPI Jabar biasanya mengadakan tiga kali pameran dalam setahun yang berlangsung di Bandung. Serta satu kali pameran diadakan di luar Bandung. Tiga pameran di Bandung yakni Pesta Buku Bandung (Januari-Februari), Islamic Book Fair, tahun ini akan dilaksanakan pada 29 April-5 Mei 2008 dan Pameran Buku Bandung yang tahun ini akan digelar pada 30 Juli-6 Agustus 2008,”pungkas Erwan (RAS/tj)
http://www.karir-up.com/2008/02/industri-perbukuan-meningkat/

Tidak ada komentar: